Posted by: lukmanc | March 15, 2008

Perkembangan Kopi di Indonesia

pt.jpgDi Indonesia, tanaman kopi pertama kali diperkenalkan oleh VOC antara tahun 1696 – 1699. Awalnya penanaman kopi hanya bersifat coba-coba (penelitian). Namun, kerena hasilnya memuaskan dan dipandang cukup menguntungkan sebagai komoditas perdagangan maka VOC menyebarkan bibit kopi keberbagai daerah agar penduduk dapat menanamnya. Kemudian, perkebunan besarpun didirikan dan akhirnya tanaman kopi tersebar kedaerah lampung, Sumatra barat, Sumatra utara, Sumatra selatan, dan daerah lain di Indonesia.
Perkembangan kopi di Indonesia pernah mengalami goncangan pada tahun 1876 terjadi ledakan penyakit berbahaya Hemelia vastatrix (HV) yang menyerang daun. Kemudian VOC mendatangkan kopi liberika dan robusta yang diharapkan lebih tahan penyakit H. Namun, saat ini diketahui bahwa liberika juga mudah terserang penyakit HV.
Persilangan beberapa varietas kopi arabika, liberika, dan robusta menghasilkan keturunan yang mempunyai sifat agak berbeda dengan induknya. Varietas yang dihaslilkan dinamakan varietas lokal yang sesuai tempat terbentuknya.

 


Responses

  1. keren man… tapi lau km bikin lg, yg rinci lah man, biar aku bs bca banyak..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: