Posted by: lukmanc | March 14, 2008

Tips membuat kopi

kopl.jpg Yang pertama saya jelaskan keuntungan dari meminum kopi, minum kopi tidaklah selalu buruk bagi kesehatan, ada juga keuntungan dari meminum kopi diantaranya mengurangi resiko terkena kanker usus, mengurangi resiko terkena parkinson’s dan lain-lain (banyak sih..).
kita masuk ke sajian utama, membuat kopi adalah seni dalam artian kita harus pas dalam segala takaran, baik gula ataupun kopinya, okay kita buat langkah-langkahnya:

  1. siapin gelas/mug/cangkir/ember, ini berpengaruh pada takaran kopi dan gula yang akan dibuat
  2. siapkan Gula, gula ini komposisinya ½ dari takaran kopi, kalo kopinya 2 sendok gulanya jadi 1 sendok. NOTE: Pastikan masukkan gula terlebih dahulu ketika dimasukkan ke dalam gelas. (dibahas dibawah)
  3. kemudian siapkan kopi (pasti!), kalo bisa pilih kopi yang dari jenis robusta, ambil 2 sendok buat yang pake mug/gelas gede dan 1¼ sendok buat yang pake cangkir, tempatkan kopi diposisi paling atas.
  4. Air Panas (banget), karena biji-biji kopi hanya akan keluar extractnya jika menggunakan air panas.
  5. Terakhir Sendok Buat ngaduk

Diatas saya tulis agar gula di bawah dan kopi ditempatkan paling atas, karena yang terkena terlebih dahulu oleh air panas haruslah kopi agar biji kopi tersebut mengeluarkan sari-nya dengan sempurna. Takaran diatas bisa saja dibuat dengan menggunakan selera masing-masing, karena ada yang suka manis, pahit atau yang gak berasa sekalipun, tapi yang terpenting tempatkan kopi diatas gula. saya sendiri cenderung membuat kopi yang agak pahit, karena itulah seni dalam minum kopi.
Kopi paling enak jika ada temen buat ngopi, ada orang yang enak ngopi sambil ngerokok, ada yang ngopi sambil makan roti dll.


Responses

  1. Mas Lukman, “About” nya bisa diganti loh biar tambah kereen.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: